Menjual Buku Anak dan Balita Berkualitas

ensiklopedi bocah muslim

ensiklopedi bocah muslimAyah bunda, siapa yang ingin anaknya memiliki ilmu pengetahuan yang luas? Pasti setiap orang tua mendambakan anaknya memiliki pengetahuan yang luas. Tetapi tentunya harus ada usaha ya. Apa sih usaha yang harus dilakukan oleh orangtua? Yaitu dengan cara memfasilitasi anak dengan media yang menunjang kebutuhan anak untuk menambah pengetahuan tersebut. Namun, terkadang orang tua masih “ragu-ragu” membelikan anak buku-buku. Padahal menyerap ilmu pengetahuan yang paling baik itu adalah dari buku. Masih ingat pepatah yang mengatakan bahwa “buku adalah jendela ilmu”. Jadi sebagai orang tua jangan ragu-ragu membelikan anak buku-buku.

Tetapi terkadang, anak-anak saat ini banyak yang malas membaca buku. Karena lebih menyukai game atau nonton tv. Yuk kita sebagai orang tua jangan tinggal diam tapi harus mengarahkan bahkan menjadi fasilitator agar anak-anak lebih menyukai buku.

Pengetahuan yang luas tentang segala aspek dalam kehidupan, dapat ditemukan dalam buku Ensiklopedi Bocah Muslim (EBM) meliputi kecerdasan IQ, EQ, SQ.Dalam buku ini, di kupas mengenai ilmu pengetahuan yang menyeluruh. mulai dari dari pengetahuan tentang hewan, tumbuhan, alam semesta, bumi, sains, alam semesta, teknologi, sejarah, tokoh, masyarakat dunia, masyarakat indonesia, tubuh kita, seni.

Dengan memiliki buku ini, insyaAllah anak-anak akan memiliki pengetahuan yang luas. Buku ini didesain dengan ilustrasi yang menarik sehingga memudahkan anak-anak untuk memahami materi. Belajar itu lebih baik menggunakan visualisasi sehingga lebih menerap ke dalam pikiran dan tidak mudah lupa. karena visualisasi akan diserap oleh otak kanan.

Bahasa yang digunakanpun ringan, renyah, dan mudah dipahami oleh anak-anak. Meski dengan bahasa yang ringan, ensiklopedi ini mewakili makna dari suatu ilmu pengetahuan. EBM mendorong anak untuk melihat sesuatu dengan cara yang berbeda. Hanya dengan cara pandang yang berbeda.

Contoh:

Katak belajar dari pengalaman (seri Amfibi)

Kwok! Kwok! Kwuk!kwok! byuurrr…. wah, ramai sekali. Bunyi apakah itu? Oh, ternyata bunyi si katak. Selain pandai bernyanyi, mereka juga dapat belajar dari pengalaman, lho! Kita selidiki mereka, yuk!

(contoh kutipan cerita dalam buku EBM seri amfibi) bahasanya cukup mempersuasi anak-anak karena di paparkan dengan cerita yang menggugah anak untuk hanyut dalam kisah si katak….

Belajar dari pengalaman

Peneliti bernama Licoln dan Jane Brower pernah membuktikan bahwa katak dapat belajar dari pengalaman, seperti cerita dibawah ini.

1.  Seekor capung di goyang-goyangkan di hadapan si katak. HAP! (si katak mencaplok)
2.  Seekor lebah di tawarkan kepada si katak. HAP! Si katak langsung mencaploknya. Tetapi, AWWW! Si katak merasa ada yang menyengat mulutnya. (Dia langsung memuntahkan lebah itu)
3.  Ketika si katak diberi lebah lagi, si katak (tidak mau memakannya)

Dari penggalan cerita diatas, tentu kita dapat mengambil hikmah dari kejadian yang dialami si katak. Si katak bisa membedakan, mana capung dan mana lebah dengan diberi stimulus (rangsangan) terhadap katak itu. Ketika diberi capung si katak melahapnya, namun ketika diberi lebah si katak memuntahkannya. Dan ketika diberi stimulus yang ketiga kalinya, si katak mulai memperhatikan. Dan ketika stimulus yang ketiga ini lebah, si katak tidak mau memakannya karena si katak tahu bahwa lebah akan menyengatnya.

Subhanallah sekali yah makna dan hikmah yang tersirat dari cerita tersebut. Simpel tapi anak akan menangkap sinyak positif dari cerita tersebut. Itu bila dilihat dari segi  bahasa.

Yuk kita lihat dari kutipan ayat al Quran. Anak juga bisa belajar bahasa arab karena dalam kisah katak ini ada kosakata bahasa arab “dhofdatun” artinya katak…

Kosakata : metamorfosis: perubahan bentuk dan cara hidup secara bertahap

(dalam setiap halaman selalu dilengkapi dengan kosakata, wah.. enak donk.. anak jadi bisa tahu tentang kosakata baru. . 1 cerita 1 kosakata, semakin banyak cerita. . kosakata pun semakin banyak.. wwwaaahhh… semakin dahsyat kecerdasan linguistik anak ^_^)

Membuat katak kertas, yuk!

Belajar sambil bermain. . melipat kertas sampai membentuk katak. Wah.. anak-anak pasti seru diajak bermain melipat kertas. . bisa menggunakan kertas origami yang berwarna-warni semakin membuat anak tertarik. . . Yuk, latih anak sampai bisa membuat katak dari lipatan kertas karena akan membantu melatih kecerdasan kinestetik (fisik) anak.

Menarikkan?? Yuk ayah bunda, jangan ragu membelikan buku ensiklopedi bocah muslim buat anak. Tidak akan rugi, karena  pengetahuan anak akan menjadikan bekal kelak dikehidupannya. Siapa sih orang tua yang tidak bangga, bila anaknya berprestasi di sekolah atau dalam lingkungan dimana dia bersosialisasi?

Mengapa Ensiklopedi Bocah Muslim Penting untuk Anak Anda?
* Tema yang luas mencakup Al-Islam, manusia, kehidupan masyarakat, sejarah, seni, dunia binatang dan ekosistem, geografi, geologi, astronomi, sains, dan teknologi. Bahasa bertutur yang mudah dipahami dan tetap ilmiah.
* Dilengkapi kutipan Ayat Al-Qur’an, Hadits Nabi, Kata Mutiara dan Do’a.
* Kotak Aktivitas membantu anak lebih memahami materi yang disajikan. Berbagai jenis aktivitas sangat membantu melatih kecerdasan kinestetik (fisik) anak.
* Kosakata menyajikan kamus mini tiga bahasa serta memperkenalkan istilah-istilah agama dan istilah teknis berbagai disiplin ilmu. Rubrik ini sangat membantu perkembangan kecerdasan linguistik anak.
* Fasilitas Lacak atau indeks terusan membantu anak menghubungkan satu tema dengan tema yang lain. Rubrik ini melatih anak untuk mengelompokkan, membedakan, menghubungkan, dan berbagai kecakapan logis matematis lainnya.
* Kisah-kisah memukau membantu menguatkan kesan anak terhadap materi yang disajikan. Kisah-kisah yang sarat pesan moral membantu meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal.
* Data-data teknis yang lebih detil disajikan dalam Catatan Kecilku.
* Informasi tambahan dan tips keayahbuandaan disajikan dalam rubrik khusus Untuk Ayah dan Ibuku.
* Lebih dari 8.000 ilustrasi yang terdiri dari foto, gambar realis, kartun, dan vignet membantu mengasah kecerdasan visual/spasial anak. serta elemen-elemen lain yang membantu mengembangkan 9 jenis kecerdasan anak Anda.

Daftar Isi dan Arahan Materi :

ISLAM AGAMAKU. Memberika pemahaman tentang Islam, sehingga anak menjadi yakin bahwa Islam layak dan wajib menjadi tuntunan hidupnya.
TUBUHKU. Anak mampu mengenali dirinya, baik dari segi fisik, mekanisme kerja tubuh, kejiwaan dan tujuan penciptaannya.
INDONESIAKU. Anak mengenal lingkungan negeri tempat tinggalnya.
MASYARAKAT & BANGSA. Anak mampu mengenal dan memahami keragaman masyarakat dan bangsa yang ada di dunia.
TOKOH IDOLAKU. Anak mampu mengenal tokoh-tokoh muslim yang punya andil besar dalam sejarah peradaban umat manusia, dan agar tumbuh semangat melanjutkan perjuangan mereka.
SEJARAH. Anak dapat mengambil pelajaran dari masa lalu.
SENI. Mengenalkan pada anak tentang dunia seni.
DUNIA BINATANG & MAMALIA. Anak dapat mengenal pengklasifikasian binatang, mengambil pelajaran dari kehidupan mereka, dan menumbuhkan sikap proporsional dalam memperlakukan binatang.
BURUNG & SERANGGA. Anak dapat mengenal pengklasifikasian binatang, mengambil pelajaran dari kehidupan mereka, dan menumbuhkan sikap proporsional dalam memperlakukan binatang.
IKAN, REFTIL & AMPHIBI. Anak dapat mengenal pengklasifikasian binatang, mengambil pelajaran dari kehidupan mereka, dan menumbuhkan sikap proporsional dalam memperlakukan binatang.
TUMBUHAN. Anak memahami fungsi tumbuhan dalam kehidupannya.
BUMI KITA. Anak memahami bahwa kehidupan di dunia ini sangat tergantung pada sejauh mana manusia mampu merawat bumi.
ALAM SEMESTA. Anak memahami bahwa dia hidup pada suatu alam yang maha luas, sehingga tidak merasa besar dan sombong.
SAINS. Anak memahami keteraturan hukum alam sebagai sunatullah dan kemahakuasaan Allah.
TEKNOLOGI. Anak memahami cara kerja suatu alat.

Keterangan :

Alur tema dari jilid 1 sampai 15 : alur dari mikrokosmos (diri manusia) menuju makrokosmos (sesuatu di luar manusia) dan diakhiri oleh teknologi sebagai alat bantu kehidupan manusia, dirancang demikian karena Islam memberi penekanan bahwa penemuan diri identik dengan penemuan kebenaran (Allah)
Inilah yang menjadikan Ensiklopedi Bocah Muslim berbeda dengan ensiklopedi “barat”, yang menempatkan keajaiban alam dan kekuatan teknologi sebagai sesuatu yang istimewa dan menempatkan tema kemanusiaan dan kemasyarakatan pada posisi sub ordinat.

MANFAAT KESELURUHAN ENSIKLOPEDI BOCAH MUSLIM :

Membantu anak memahami konsep dasar Islam dalam memandang berbagai aspek kehidupan
Merangsang rasa ingin tahu (kuriositas) dan suka membaca
Mengembangkan kemampuan anak dalam memahami nilai, norma dan tindakan-tindakan serta dampak-dampaknya
Membangun pengetahuan dasar yang kuat pada diri anak sehingga anak menjadi siap dan unggul
Membantu anak mengembangkan potensi berpikir yang integral (menyangkut sembilan kecerdasan)

Written by Khazanah on Saturday March 7, 2015
Permalink - Category: Mandira

« Halo Balita - Al Qur'an for Kids »