Menjual Buku Anak dan Balita Berkualitas

Baca Buku dengan Posisi Tidur, Amankah?

Membaca buku sambil tiduran. Inilah kebiasaan saya sedari kecil. Nyaman sekali rasanya. Ketika malam datang, semua rutinitas telah selesai, tidur menjadi suatu tindakan yang masuk akal. Tapi kerapkali mata enggan terpejam. So, membaca sampai ketiduran akhirnya menjadi habbits.

Hingga akhirnya saya menikah, dan suami memiliki kebiasaan yang jauh berbeda. Sama-sama suka baca buku sebelum tidur sih, tapi beliau dengan posisi duduk. Posisi yang ideal dari segi kesehatan.

Hehehe … bisa ditebak, saya dikritik habis-habisan. Okelah, sebagai bagian dari kompensasi sebuah pernikahan (ciiiieeeeehhhh), saya mencoba untuk membaca dengan posisi duduk. Percayalah, 14 tahun pernikahan, saya mencobanya. But, jujur, susah sekali move on. Apalagi insomnia yang tak jelas sering melanda.

Ah, stop dulu curhatnya. Maksud hati ingin menyampaikan ini, bagaimana jika anak-anak membaca buku dengan posisi tidur? Amankah?

Apakah membaca dengan posisi tidur menyebabkan kerusakan mata? jawabannya adalah iya dan hal tersebut merupakan Fakta. Ketika Anda membaca sambil tiduran, jarak baca ideal buku ke mata (40-45 cm) sulit untuk diatur. Akibatnya mata jadi lelah dan pegal. Jika hal ini sering dilakukan, maka dapat berujung pada kerusakan mata.
 
Berikut Gaya hidup sehat untuk mata yang dapat Anda terapkan dalam keseharian:  

  • Mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup
  • Mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer. Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata Anda cepat lelah dan kering. Untuk itu Anda dapat mempraktikkan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu ‘tersiksa’. Setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat ke kejauhan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.
  • makan makanan yang banyak mengandung vitamin A

Nah lho … benar apa kata suami saya, ketika saya keukeuh dengan posisi tidur dalam membaca, saya memberikan teladan yang buruk untuk anak-anak. Secara langsung mereka meniru tingkah saya yaitu membaca dengan posisi tidur. Secara langsung pula, saya membahayakan kesehatan mata mereka.

Cinta baca buku bukan melulu tentang bagaimana cara membuat anak mencintai literasi. Tapi juga hal-hal yang berkaitan dengannya, termasuk cara sehat membaca buku. Anda setuju kan? Yuks, kita mulai hidup sehat, melindungi mata kita dari kecerobohan diri.

Salam Cinta Buku
-Hylan Khazanah-


#ODOPfor99days
#ODOPtulisan4

Written by Khazanah on Thursday January 5, 2017
Permalink -

« Tentang Mainan - Mengapa harus Belajar Sejarah »