Menjual Buku Anak dan Balita Berkualitas

Bisa Kasih Caca Maem

Pagi itu saya dikejutkan Caca, kelinci putih yang telah menemani sejak 5 tahun lalu. Caca terbaring lemah di kandangnya. Padahal biasanya ia lari berderap ketika pintu kandang dibuka. Ya, Caca sakit. Memang telah lanjut usianya, tapi bagi saya, ia tak nampak tua. Salah satu kaki depannya lunglai. Lemas. Membuatnya tak mampu berjalan.

caca

Saya membagi tugas bersama suami, bergiliran memberinya makan dan minum. Mulanya saya meletakkan kangkung (makanan favoritnya) di dekat Caca berbaring. Dan dengan sedih kami menyadari, Caca enggan makan. Ya, kangkung tidak dilahapnya.

Yang tidak dinyana dan akhirnya membuat saya malu luar biasa, adalah laku Embun, 2 th. Embun berinisiatif untuk menyuapkan kangkung pada Caca. Membelai lembut tubuh Caca. Dengan kesabaran yang luar biasa bagi batita seumurnya, Embun menunggui Caca memenuhi isi perutnya. Lalu mengakhiri dengan memberi Caca minum dari botol khususnya.

Ada rasa malu yang membekap saya . Apa yang telah saya lakukan? Saya hanya meletakkan kangkung di dekat Caca. Tidak membelainya, tidak pula mengatakan apa-apa. Sementara Embun dengan bijaknya mengajak Caca ngobrol, "aem ca, ntar embuh deh."

Usai mengurus Caca, dengan penuh rasa haru dan syukur memiliki Embun yang sholeha (aamiin), saya memeluknya.
"Embun hebat, bisa kasih Caca maem," kata saya
"Aya Sali ya, kasi kumi maem," jawabnya.

Waaah ... Jadi tau nih saya, apa yang menginspirasi Embun. Ya, HALO BALITA jilid Aku Sayang Kumi mengajak pembacanya untuk menyayangi makhluk hidup.

Hmmm ... Saya sering membaca, bahwa buku bisa merubah pola pikir seseorang, bahwa orang-orang hebat banyak belajar dari buku, juga bahwa bukulah yang membuat orang bisa memiliki cita-cita dan harapan. Tentu saja, ketika saya menyediakan HALO BALITA bagi konsumsi otak Embun, saya tidak berpikir bahwa saya menjejalkan ilmu berat baginya. Keinginan awal saya hanyalah mem-familiar-kan buku bagi batita saya. Agar kelak ia cinta buku. Bahwa ternyata buku ini menginspirasinya untuk memiliki akhlak yang baik, subhahanallah, alhamdulillah, nilai plus sebuah buku berkualitaspun terbukti.

Terima kasih Halo Balita, yang telah setia jadi teman bermain dan belajar bagi Embun.

(Hylan Khazanah, Ibu 3 anak yang kerap belajar dari aktivitas anak-anaknya)

Written by Khazanah on Monday May 18, 2015
Permalink -

« Asmaul Husna - ORANGTUA SEBAGAI PENDIDIK »