Menjual Buku Anak dan Balita Berkualitas

Orang Miskin yang Sebenarnya

Suatu ketika, dalam perjalanan ke sekolah, putra kami melihat peminta-minta di jalan. Bapak itu sudah tua dan -maaf- cacat fisik. Dengan tanpa ragu, ia memberikan semua bekalnya untuk bapak itu.

Di waktu yang lain, rumah kami kedatangan ibu peminta-minta yang menggendong balitanya. Kali ini putra kami diam saja, mengamati bundanya memberi sebungkus nasi.

Lantas iapun bertanya, mengapa kedua peminta-minta itu meminta? Mengapa mereka berbeda? Ia bisa memahami mengapa si bapak meminta, tapi ia tidak mengerti mengapa si ibu meminta. Si ibu terlihat sehat dan tidak renta.

Hmmm, tentu saja agak sulit menjelaskan pada anak-anak. Tapi syukurlah, ada Serba Serbi Al Hadist. Buku ini membahas lebih dari 100 materi tentang hadits dengan memakai bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

... manusia masa kini sangat takut pada satu hal: kemiskinan. Tetapi tahukah kita siapakah orang miskin itu? Betulkah pengemis yang setiap hari kita temui di perempatan jalan termasuk orang miskin? Jawabannya ada dalam hadits riwayat Muslim dari Abu Hurairah. Dalam hadits tersebut Rasulullah bersabda, "Orang miskin yang sesungguhnya ialah orang yang tidak mempunyai apa-apa untuk memenuhi kebutuhannya. Namun keadaannya tidak diketahui orang lain agar orang lain itu bersedekah kepadanya. Dan dia tidak pula meminta-minta ke sana ke mari."

Jadi anakku tersayang, peliharalah dirimu dari meminta-minta. Sekurang apapun kita, seorang muslim sejati pantang meminta-minta. Ingatlah kisah dalam hadits ini ...

_Serba-serbi Al Hadist hal. 31_


Membacakan putra kami dengan menunjukkan ilustrasi pada buku membuatnya lebih memahami. Dan kali berikutnya ia dengan antusias membuka-buka sendiri buku ini.

(Oleh: Hylan Khazanah)

Written by Khazanah on Saturday March 7, 2015
Permalink -

« Menjelajah Semesta Bersama Ensiklopedi - Serunya Halo Balita »