Menjual Buku Anak dan Balita Berkualitas

Tentang Mainan

Kali ini ingin membahas tentang mainan. Mengapa mainan begitu penting bagi anak-anak? Sebagian besar orangtua bahkan rela memfasilitasi anak-anak mereka dengan mainan-mainan yang jumlahnya memenuhi ruangan. Mainan juga bukan barang murah. Bahkan mainan dengan merk tertentu yang terjamin keamanannya bagi anak-anak, menyentuh angka 6 digit. Jadi apa yang membuat mainan jadi penting?

1. Melatih perkembangan fisik.

Mainan merupakan salah satu alat untuk menstimulasi kemampuan tumbuh kembang fisik anak. Merangsang untuk merangkak, merangsang untuk jalan bahkan berlari. Dengan alat bantu mainan, anak-anak menjadi lebih bersemangat menjalani proses tumbuh kembangnya tanpa harus merasa frustasi.

2.  Melatih perkembangan motorik kasar dan motorik halus.

Motorik kasar biasanya berhubungan dengan menggerakkan otot-otot anak. Kegiatan melempar, menangkap, mengejar, berlari adalah beberapa contoh dari gerakan motorik kasar. Sedangkan motorik halus lebih fokus pada kegiatan menulis, menggambar, menggenggam. Kedua gerakan motorik ini dapat dilatih sejak kecil. Mainan lagi-lagi merupakan alat bantu stimulasi yang tepat.

3. Melatih Perkembangan sosial.

Menggunakan mainan untuk bermain dengan teman maka mainan bisa membantu anak bersosialisasi. Mainan bisa sebagai media untuk memahami konsep berbagi. Atau cara lain yang bisa dilakukan adalah mengajar anak berimajinasi dengan menggunakan mainannya. Dengan menganggap mainan sebagai sahabat, selain membantu daya imajinasi juga melatihnya berkomunikasi pada saat ia bermain.

4. Melatih perkembangan emosi.

Mainan bisa menjadi penyaluran emosi yang efektif. Beberapa mainan bahkan dijadikan terapi mengatur emosi pada anak yang hiperaktif dan autis. Menendang, melempar, memukul adalah terapi emosi yang bisa diajarkan mainan untuk anak kita.

5. Melatih perkembangan kognitif.

Perkembangan kognitif adalah perkembangan anak yang berkenaan dengan perkembangan pola pikir.  Pola pikir ini berkaitan aktivasi otak sebagai contoh  berhitung, membedakan bentuk suatu benda, membedakan warna.  Perkembangan kognitif ini bisa dirangsang dengan mainan agar lebih maksimal dan efektif.

6. Melatih perkembangan indra.

Perkembangan panca indra juga dapat dirangsang melalui mainan. Mainan yang sesuai dapat merangsang indra pendengaran, pengecap, penciuman dan lainnya.

So … begitu banyak manfaat mainan yang bisa didapat seorang anak dalam menjalani proses tumbuh kembangnya. Ayah bunda tentunya tidak ingin membiarkan anak-anak dalam fase golden age nya tidak terstimulasi dengan baik kan? Mainan memang bukan barang murah, tapi pilihan bijak bisa membawa kita pada rasa lega karena telah menjaga amanah dengan baik.

-Hylan Khazanah-

Written by Khazanah on Sunday November 27, 2016
Permalink -

« Hijrah ke Bisnis Buku - Baca Buku dengan Posisi Tidur, Amankah? »